Jumat, 29 Mei 2009

ಕಾರ್ಟು ತರೋತ್ : KARTU TAROT


Tarot merupakan sebuah permainan kartu yang sangat populer di daerah Eropa. Yang paling populer ditemukan oleh A.E Waite dan Pamaela Colman Smith, kartu-kartu itu disebut Tarot Rider-Waite-Smith. kartu ini terdiri dari 78 kartu yang dibagi lagi menjadi dua, terdiri Arcana Mayor dan Arcana Minor.
Ilustrasi dan interpretasi Tarot berkembang mengikuti perkembangan zaman. Seringkali, ilustrasi Tarot dibentuk untuk melayani pandangan mistis dan kebutuhan penggunanya.
Dua puluh dua kartu yang terdapat dalam Arcana Mayor banyak menimbulkan perdebatan, baik arti dari set itu sendiri, maupun interpretasi masing-masing kartu. Secara umum, Arcana Mayor dimengerti sebagai perjalanan hidup the Fool (si Pandir), melalui segala prahala dan rintangan sampai akhirnya dia menemukan kebijaksanaan. Pengertian tersebut diusulkan oleh Eden Gray pada pertengahan abad ke-20.
Tarot dikaitkan dengan berbagai bidang studi seperti Astrologi, Numerologi Pythagoras, Kabalah, I Ching, dan lain-lain. Empat simbol Minor Arcana sering diasosiasikan dengan empat elemen dasar: udara (Pedang), api (Tongkat), air (Cawan), dan tanah/batu (Pentacle/Koin).



Kartu Tarot berasal dari Italia. Pada awalnya, permainan kartu tersebut bernama Carde da Trionfi, atau Kartu Kejayaan (Trionfi: berjaya atau menang, triumph). Sebanyak 28 dokumen tertanggal 1442-1463 mencantumkan permainan kartu bernama Trionfi. Kartu-kartu Trionfi tersebut pun masih dapat dijumpai saat ini. Setelah mendapat pengaruh dari Prancis, nama Trionfi berubah menjadi Tarocchi.
Kepopuleran kartu Tarot diperkirakan bermula sejak Antoine Court de Gebelin menerbitkan sebuah buku pada tahun 1781. Buku tersebut menyatakan bahwa pendeta-pendeta Mesir kuno telah melukis kartu Tarot berdasarkan Buku Thoth. Mereka kemudian membawa gambar-gambar tersebut ke Roma untuk dipersembahkan kepada Paus. Paus kemudian memperkenalkan Tarot ke Avignon, Prancis pada abad ke-14. Penjelasan Court de Gebelin dianggap tidak akurat karena tidak didukung oleh bukti-bukti sejarah dan ditulis sebelum Champollion menerjemahkan bahasa Mesir kuno, Hieroglif (Hieroglyph)



Menurut catatansejarah, umur Tarot diramalkan sudah lahir sejak masaNabi Musa As yang dikenal secara lisan dan berkembang di kalangan bangsa Ibrani yang kemudian berproses dalam kurun waktu sangat panjang dan dikenal sebagai ilmu Qaballa (Kaballah). Pada permulaan abad ke-12 sampai dengan abad ke-15, ilmu ramal meramal berkembang pesat di daratanEropa sampai pada abad pencerahan yang memisahkan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan. Tarot dapat mencapai Eropa karena dibawa oleh orang-orang Gypsy, dimana konon kata “Gypsy” merupakan reduksi dari “Egyptian” yaitu OrangMesir. Gypsy memperkaya pengetahuan tentang Tarot karena mereka juga memasukkan unsur-unsur budaya lain akibat dari perjalanan mereka melintasi daerah-daerah berkebudayaan tinggi.



Tarot berarti jalan hidup yang utama. Bangsa Mesir menyebutnya dengan istilah “Jalan Bangsawan“, jalan yang mengarah kepada hal-hal yang baik. Dalam bahasaSansekerta dikenal sebagai “Rota“, yang berarti Roda Hidup. Sementara bangsaArab menyebutnya sebagai “Turuq” yang berarti empat jalan, sebagaimana empat gambar yang terdapat pada Arkana Penunjang.



ಅರ್ಕಾನ ಮಯೋರ್ :

0 - The Fool
I - The Magician
II - The High Priestess (or The Popess)
III - The Empress
IV - The Emperor
V - The Hierophant (or The Pope)
VI - The Lovers
VII - The Chariot
VIII - Strength
IX - The Hermit
X - Wheel of Fortune
XI - Justice
XII - The Hanged Man
XIII - Death
XIV - Temperance
XV - The Devil
XVI - The Tower
XVII - The Star
XVIII - The Moon
XIX - The Sun
XX - Judgment
XXI - The World

2 Comments:

  1. Momod said...
    blognya ko konsepnya berubah drastis ?
    kalo mau pindah haluan jangan ngagetin gini .
    q aja kaget .
    hagz .

    tapi intinya bagus ko . lebih tertata daripada yang kemaren .
    tulisan-tulisan kamu sendiri juga diperluin . biar gag terlalu kaku juga .

    cheers ,
    mampir-mampir kamarmomod.blogspot.com
    abstak said...
    ya umpan....eh salah, ya ampun...banting setir buuuk???

Post a Comment



Template by:
Free Blog Templates